PENANGGULANGAN kebencanaan perlu melibatkan banyak pihak, termasuk dunia pendidikan. Melalui kegiatan Market Place dan Workshop bertajuk Inovasi dan Industrialisasi Peralatan Kebencanaan, Sekolah Vokasi UGM dan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dan didukung ADEXCO  mempertemukan berbagai stakeholders untuk membahas tentang kebencanaan.

“Tujuan marketplace ini mengumpulkan dan teknologi-teknologi terkait kebencanaan. Di marketplace ini industri dapat bertemu dengan inventornya sehingga penemuan itu bisa diproduksi (secara massal) dan siap dibeli oleh konsumen,” terang Dekan Sekolah Vokasi UGM, Prof Dr Ing Ir Agus Maryono IPM ASEAN Eng, usai Kuliah Umum Marketplace Inovasi dan Industrialisasi Peralatan Kebencanaan, di Sekolah Vokasi UGM, Selasa (21/5).

Ia menyebut, kegiatan ini menjadi embrio agar produk-produk kebencanaan buatan Indonesia bisa mencukupi kebutuhan alat-alat untuk penanggulangan kebencanaan di dalam negeri. Selain itu, kegiatan ini bisa mengkolaborasikan antara teknologi dan sosial dalam penanggulangan kebencanaan.

Sekolah Vokasi UGM memiliki banyak hasil penelitian, baik dalam wujud alat maupun metode, terkait kebencanaan. Misalnya, alat pemanen air hujan dan meja tahan bantingan dari atas. Saat ini Sekolah Vokasi UGM memiliki 8 departemen dan 23 program studi yang siap berkolaborasi dengan berbagai pihak untuk penanggulangan kebencanaan.

Read more… 

Source: mediaindonesia.com

This site is registered on wpml.org as a development site. Switch to a production site key to remove this banner.